Rumah Seni Populer di Bandung

Tau ga sih ada Rumah Seni Populer di Bandung? Kalau mampir ke Bandung jangan lupa untuk mampir ke Rumah Seni ini ya!! lokasinya ada yang tau dimana??

Hi temen-temen Tour Bandung pecinta seni dan yang akan berkunjung ke Bandung. Hari ini mimin mau kasih rekomendasi tempat yang harus di tujui kalau ke Bandung. 

Emangnya ada tempat apasih?? Yuk simak

RUMAH SENI ROPIH

Jauh sebelum itu, terdapat satu rumah seni yang menjadi pelopor penjualan lukisan di jalan Braga, yakni Rumah Seni Ropih. Rumah Seni Ropih merupakan rumah seni yang didirikan oleh seniman asal Bandung, yakni Abah Ropih pada tahun 2000-an. 

Lokasi Rumah Seni Ropih ada di Jalan Braga No. 28 Kota Bandung. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 23.00 WIB.

Dilansir dari website resmi Rumah Seni Ropih pada Senin, 17 Juli 2023, galeri tersebut didirikan oleh Abah Ropih. Pria yang kerap memakai iket sunda itu lahir di Bandung, 12 Febuari 1959.

Abah Ropih sudah melukis sejak usia 7 tahun di bawah bimbingan ayahnya M. Mitra yang juga seorang pelukis. Sambil menuntut ilmu di sekolah, Ropih mulai belajar melukis dan berjualan lukisan dan karya seni lain kepada tamu-tamu hotel di sekitar Braga.

Pada tahun berikutnya Ropih mulai mengajak keluarga, kerabat dan teman-teman pelukis untuk bersama-sama berjualan lukisan di emper toko dan trotoar jalan Braga.

Sampai sekarang kebiasaan tersebut dapat berkembang menjadi pasar seni lukis yang saat ini menjadi daya tarik wisatawan maupun manca negara.

Sejak kecil, Abah Ropih memiliki cita-cita untuk membuat sebuah rumah seni. Harapa itu dapat terwujud pada tahun 2010 di jalan Braga nomor 43. Di ruang inilah Ropih mengajak semua kalangan untuk berkegiatan pameran dan kegiatan budaya lain khususnya budaya sunda yang sudah menjadi darang daging Ropih sejak kecil.

Pada 2021 Kemenparekraf dan Disbudpar Kota Bandung menetapkan Rumah Seni Ropih menjadi salah satu tujuan wisata di kota Bandung.

Bener deh pasti buat 7summits Traveler yang seneng sama seni, pasti mau balik lagi ke Rumah Seni Ropih dan beli lukisan lukisannya!!

Jadi kalau ke Braga suka lewat aja atau suka mampir nih temen-temen Tour Bandung? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *