Tips Belanja Oleh-oleh Saat Liburan!!

Ketika liburan ke destinasi wisata di Indonesia, kayaknya kurang lengkap rasanya jika kamu tidak membeli oleh-oleh atau suvenir yang menarik. Oleh-oleh atau suvenir itu bisa menjadi pengingat momen seru kamu saat menghabiskan liburan di daerah yang dikunjungi.

Beberapa dari kamu mungkin seringkali merasa bingung saat ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, kerabat terdekat hingga teman kantor. Mahalnya harga suvenir dan ditambah lagi repotnya menenteng banyak barang bawaan menjadi alasan utama seseorang untuk enggan membeli oleh-oleh. Nah, supaya tetap bisa membeli oleh-oleh tanpa mengganggu liburanmu, yuk! Cek tips berikut ini :

1. Siapkan Dana Khusus untuk Beli Oleh-oleh

Sebelum memborong suvenir, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan dana khususnya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengontrol pengeluaran.

Saat melihat barang menarik dengan harga mahal, jangan langsung mudah tergiur. Fokuslah dengan dana liburan yang kamu miliki. Sesuaikan saja oleh-oleh yang mau kamu beli dengan budget yang kamu miliki.

2. Buatlah Daftar Nama yang Ingin Kamu Beri Oleh-oleh

Setelah menyiapkan dana khusus untuk membeli oleh-oleh, ada baiknya kamu membuat daftar nama yang akan kamu berikan oleh-oleh. Demi menekan pengeluaran, pilihlah beberapa orang terdekat saja. Semisalnya ingin membelikan oleh-oleh ke rekan kerja, belilah produk makan secukupnya untuk rekan satu tim kamu saja. Tidak perlu merasa malu jika oleh-oleh yang kamu beli hanya sedikit. Beberapa teman terdekatmu pasti menghargai usahamu karena telah menyempatkan waktu membeli oleh-oleh.

3. Pastikan Tidak Lewat dari Tanggal Kadaluarsa

Saat membeli produk makanan olahan, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya ya. Perhitungkan juga waktu tempuh kalian dari lokasi destinasi wisata menuju ke rumah. Jika dirasa waktu tempuhnya cukup lama, alangkah baiknya kamu tidak membeli produk makanan basah yang memiliki durasi waktu singkat untuk dimakan. Agar lebih tahan lama, pilihlah produk makanan atau camilan kering. Atau kamu juga bisa bertanya langsung kepada si penjual terlebih dahulu. Biasanya si penjual akan merekomendasikan produk makanan apa saja yang sekiranya cocok untuk dibawa pulang oleh para wisatawan berdasarkan waktu tempuh perjalanannya.

4. Pilihlah Oleh-oleh Khas Daerah yang Dikunjungi

Saat kamu sedang liburan di salah satu daerah, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya ya. Dengan kamu membeli oleh-oleh unik dari daerah tersebut, secara tidak langsung kamu jadi mendorong peningkatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal di sana, lho.

Nah, oleh-oleh yang kamu beli itu juga bisa menjadi pengingat momen seru liburanmu bersama pasangan ataupun keluarga. Ambil contoh ketika kamu lagi liburan ke Danau Toba (Sumatera Utara), kamu bisa membeli oleh-oleh khasnya yaitu Kacang garing Sihobuk atau bisa juga Sambal Andaliman. Begitu pula ketika kamu berkunjung ke Mandalika (Lombok Tengah). Kamu bisa membeli oleh-oleh khasnya seperti Madu Sumbawa dan juga Kain Tenun Ikan Sasak.

5. Perhatikan Ukuran Kemasan Produk dan Beratnya

Hal yang tidak boleh kamu abaikan saat hendak membeli oleh-oleh adalah mempertimbangkan seputar ukuran, serta berat pada kemasan produknya. Hal ini penting karena saat bepergian menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta maupun pesawat, kita harus memperhatikan barang tersebut cukup aman untuk masuk bagasi. Saat berada di pusat oleh-oleh, kamu harus mampu membayangkan oleh-oleh yang kamu beli tidak melebihi batas wajar untuk masuk bagasi. Karena jika barang yang kamu beli terlalu berat, maka kamu harus siap mengeluarkan dana tambahan. Nah, sebaiknya buatlah daftar barang yang ingin kamu beli.

Itu tadi adalah tips singkat untuk membeli oleh-oleh saat kamu sedang liburan ke salah satu daerah. Semoga ulasan tadi bisa membantu kamu dalam memilih barang yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *